FAKULTAS EKONOMI
|
SAMPUL
TUGAS KELOMPOK
Nama
Kelompok : Managers
|
|
Nama : Vernando Barus
|
No.
Mhs. : 19162
|
Nama : Borromeus Gilang Swastyakso
|
No.
Mhs. : 19357
|
Nama : Haren Ratudwianti
|
No.
Mhs. : 19380
|
Nama : Pisga Novlawanti Palumean
|
No.
Mhs. : 19387
|
Nama : Yanpresko Pebrianto
|
No.
Mhs. : 19392
|
Nama
MK : Pengantar Bisnis
|
Kode
MK : MAN100
|
Dosen : A. Jatmiko WIbowo, S.E., S.I.P.,
M.S.F.
|
Semester : 1
|
Judul
Tugas : Mayora Indah Tbk
|
|
Tanggal
Pengumpulan : 25 Oktober 2012
|
Pastikan bahwa
sebelum tugas dikumpulkan tugas telah
dibuat dengan mengikuti format penulisan seperti yang disyaratkan dengan
memberikan tanda √ pada kotak di bawah
ini.
□
dibuat
dengan kertas A4
|
□
2
spasi
|
□ 4 cm batas kiri,
3 cm batas atas, bawah dan kanan
|
□
dijilid
|
□ tidak ada salah
ketik dan ejaan serta referensi telah ditulis dengan benar
|
□ ada nomor halaman
|
PERNYATAAN
Kami
menyatakan bahwa tugas ini secara keseluruhan adalah kami buat sendiri dan
tidak menggunakan pekerjaan orang lain. Kami bersedia untuk tidak dinilai jika
diketahui bahwa tugas ini tidak kami buat sendiri.
Tanda tangan
|
Tanggal
|
||||
Daftar Isi
Profil Singkat ........................................................................ 1
Visi dan Misi ............................................................... 2
Analisa ..................................................................... 3
Aspek Organisasi .......................................................... 3
Aspek Pemasaran ......................................................... 6
Aspek Operasional ....................................................... 11
Aspek Sumber Daya Manusia ............................................ 13
Aspek Keuangan ......................................................... 14
Kesimpulan ............................................................... 15
Daftar Pustaka ........................................................... 16
PROFIL SINGKAT
Selama beberapa dekade, Mayora Group telah
tumbuh menjadi salah satu perusahaan yang diakui di Industri Fast Moving
Consumer Goods. Kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar dan komitmen
untuk menghasilkan produk berkualitas telah membuat kelompok Mayora saat ini
memiliki merk terkenal di dunia, seperti Kopiko, Danisa, Astor, Energen,
Torabika dan banyak lagi.
Didirikan pada tahun 1977, Mayora Group telah
semakin berubah dari industri makanan ringan di rumah menjadi salah satu
perusahaan terbesar Fast Moving Consumer Goods.
Mayora Group menjadi perusahaan go-public pada tahun 1990, dengan
mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, dan selama tahun-tahun berikutnya,
Mayora Group terus berekspansi dengan cepat untuk menjadi perusahaan berbasis
ASEAN, dengan mendirikan fasilitas produksi dan kantor pemasaran di beberapa
negara Asia Tenggara.
Saat ini, produk Mayora Group dijual di banyak
negara di seluruh dunia. Tidak hanya didukung oleh logistik modern dan sistem
pengelolaan gudang, tetapi juga didukung oleh jaringan distribusi yang kuat,
Mayora Group telah mempertahankan ketersediaan produk di pasar.
Mayora Group telah membuktikan dirinya sebagai
produsen produk-produk berkualitas yang mendapatkan beberapa pengakuan dan
penghargaan seperti " Top 100 Exporter Companies in Indonesia" dari majalah Swa, "Top Five Best Managed Companies in Indonesia" yang dilakukan oleh Asia Money, " Top 100 Public Listed Companies"
pada tahun 2009 dan 2010 menempati posisi pertama di sektor Makanan dan Minuman
yang dilakukan oleh Majalah Investor Indonesia, serta "Best Manufacturer of Halal Products" pada tahun 2004
oleh Majelis Ulama Indonesia.
VISI DAN
MISI
·
Untuk menjadi
produsen dengan kualitas produk makanan dan minuman yang dipercaya oleh
konsumen, baik di pasar domestik maupun internasional, dan mengendalikan saham
yang signifikan.
·
Untuk memberikan
nilai tambah bagi seluruh stakeholder perusahaan.
·
Untuk memberikan
kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara di mana perusahaan
beroperasi.
ANALISIS
1 ASPEK ORGANISASI.
Struktur Organisasi:
Nama
|
: Mayora Indah Tbk
|
Kode
|
: MYOR
|
Alamat Perusahaan
|
: Jl.Tomang Raya No. 21-23 Jakarta
|
Alamat Email
|
|
Telepon
|
: 565-53-11/20/22; 566 30-37, 619-14-99
|
Fax
|
: 565-5323
|
NPWP
|
: 01.146.631.5-054.000
|
NPKP
|
: -
|
Situs
|
: -
|
Tanggal IPO
|
: 04-Jul-1990
|
Papan
|
: Utama
|
Sektor
|
: CONSUMER GOODS INDUSTRY
|
SubSektor
|
: FOOD AND BEVERAGES
|
Biro Administrasi Efek
|
: PT EDI INDONESIA
|
Manajemen Perusahaan:
Direktur
Commissioner
Komite Audit
Sekretaris Perusahaan
Nama
|
Email
|
||
Andi Laurus
|
Hermawan@mayora.co.id; yuni@mayora.co.id
|
||
Direktur
Nama Direktur
|
Jabatan Direktur
|
Independent
|
Andre Sukendra Atmadja
|
Direktur Utama
|
Bukan
|
Wardhana Atmadja
|
Direktur
|
Bukan
|
Muljono Nurlimo
|
Direktur
|
Ya
|
Hendarta Atmadja
|
Direktur
|
Bukan
|
Hendrik Polisar
|
Direktur
|
Ya
|
Commissioner
Commissioner's Name
|
Commissioner's Position
|
Independent
|
Jogi Hendra Atmadja
|
Komisaris Utama
|
Bukan
|
Gunawan Atmadja
|
Komisaris
|
Bukan
|
Ramli Setiawan
|
Komisaris
|
Ya
|
Hermawan Lesmana
|
Komisaris
|
Bukan
|
Suryanto gunawan
|
Komisaris
|
Ya
|
Komite Audit
Nama Komite Audit
|
Jabatan Komite Audit
|
Agustian Wijanarko
|
Ketua
|
Budiono Djuandi SE Ak
|
Anggota
|
Drs Thomas Suharsono W
|
Anggota
|
Pemegang Saham
Nama Pemegang Saham
|
Kategori Pemegang Saham
|
Jumlah
|
Persentase
|
MORGAN STANLEY AND CO INTL PLC -
IPB CLIENT ACCOUN
|
≥ 5% - Bukan Pemegang Saham
Pengendali
|
39.451.500,00
|
5,15 %
|
UNITA BRANINDO
|
≥ 5% - Pemegang Saham Pengendali
|
252.449.894,00
|
32,93 %
|
Masyarakat
|
≤ 5%
|
474.682.606,00
|
61,92 %
|
Akuntan Publik
Nama
|
Penandatanganan
|
Periode
|
Mulyamin Sensi Suryanto
|
Eddy Setiawan
|
31-Des-2006
|
Budaya Organisasi PT Mayora Indah:
PT . Mayora Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman, yang mempunyai kebudayaan organisasi seperti lebih fokus untuk menciptakan sumber daya manusia yang berjiwa pemimpin untuk memimpin pabrik - pabrik baru yang akan di bangun. Mayora indah juga mencetak leader ( pemimpin ) pabrik dari dalam perusahaan karena mereka tau budaya kerja Mayora. Divisi HR Mayora juga menciptakan beberapa program pengembangan di berbagai bidang seperti teknologi serta menjaga kualitas produk.
PT . Mayora Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman, yang mempunyai kebudayaan organisasi seperti lebih fokus untuk menciptakan sumber daya manusia yang berjiwa pemimpin untuk memimpin pabrik - pabrik baru yang akan di bangun. Mayora indah juga mencetak leader ( pemimpin ) pabrik dari dalam perusahaan karena mereka tau budaya kerja Mayora. Divisi HR Mayora juga menciptakan beberapa program pengembangan di berbagai bidang seperti teknologi serta menjaga kualitas produk.
1ASPEK PEMASARAN.
Produk:
§ BISKUIT
Mayora
memiliki beberapa merk biskuit terkemuka seperti Marie Roma, Slai O’lai,
Better, dan Sari Gandum. Di kategori biskuit, Mayora adalah salah satu produsen
biskuit yang dihormati. Bahkan, Mayora memiliki Pabrik Biscuit terbesar di Asia
Tenggara.
§ PERMEN
Divisi
permen telah membuat terobosan dengan meluncurkan Permen Kopiko sebagai pelopor
permen kopi dan menjadi nomor satu di dunia, sementara KIS membangun ikatan nya
sendiri dengan konsumen melalui Pack Emoticon.
§ WAFER & CHOCOLATE
Divisi Wafer
menyajikan inovasi baru dalam setiap produk, kami bahkan menjadi pelopor dalam
segmen Wafer Gulung dengan meluncurkan Astor. Semua produk Chocolate Mayora
terbuat dari cokelat nyata untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.
Choki-choki muncul sebagai produk unggulan yang juga merupakan pelopor dalam
segmen Chocolate Pasta.
§
KOPI
Torabika merupakan salah satu produsen
terbesar kopi instan di Indonesia dan Asia Tenggara. Torabika Merek terkenal
dan tertanam di hati Masyarakat. Oleh karena itu, Torabika terus membuat
terobosan untuk menjaga kualitas produk dan untuk tetap dekat dengan konsumen.
§ MAYORA NUTRISION
Sejak peluncuran
pertama, Energen ditargetkan untuk menjadi pemimpin pasar dalam kategori Mix
Sereal, dan Energen mencapai target dengan mengendalikan 93% * pangsa pasar sereal campuran.
*
Berdasarkan data Nielsen Retail Audit YTD Sep 2011
§ TORABIKA CAFÉ & CORNER
Distribusi:
Negara dengan
Kantor Distribusi:
a)
China
b)
India
c)
Philippines
d)
Thailand
e)
Malaysia
f)
Singapore
g)
Vietnam
h)
Nigeria
Ekspor
dengan Dukungan Pemasaran:
a)
Myanmar
b)
Cambodia
c)
Laos
d)
East
Timor
e)
Lebanon
f)
Saudi
Arabia
g)
Poland
h)
Iran
i)
Japan
j)
Hongkong
k)
Papua
New Guinea
l)
Latvia
m)
Estonia
n)
United
Kingdom
o)
U.S.A
p)
United
Arab Emirates
q)
Lithuania
ASPEK OPERASIONAL.
Proses produksi PT Mayora Indah Tbk:
Kuat
dan didukung dengan jaringan distribusi yang luas, produk PT Mayora Indah Tbk
yangtersedia di seluruh Indonesia dan
beberapa negara luar negeri seperti Malaysia, Thailand,Filipina,
Vietnam, Singapura, Hong Kong, Arab Saudi, Australia, Afrika, Amerika dan
Italia.Kopiko, umpamanya. Kopiko ada di
semua supermarket di Australia. Namun hal itu bisadilakukan karena
Mayora melakukan packaging di Negeri Kanguru. Ongkie mengatakan, jikadikemas
langsung di Indonesia, akan sulit diterima pasar di sana. “Jadi kami kirim
barangke sana dan packaging di sana. Sama seperti kami ekspor Kopiko ke Amerika
Serikat. Kalaudiekspor dari Indonesia, hanya
akan dipandang sebelah mata. Maka kami mengekspornyadari Thailand. Kami
punya pabrik di Thailand dan kami ekspor dari sana.
Kapasitas pada PT Mayora Indah Tbk:
Pada bulan Mei 2009, PT Mayora Indah Tbk, produsen produk biskuit,
tahun ini berencanamenambah kapasitas pabrik pembuatan biskuitnya hingga
50 persen.Saat ini kapasitas pabrik Mayora adalah 70.000 ton per tahun.
Penambahan kapasitas pabrik ini untuk
menambah produksi produk biskuit yang sudah existing. Sementara untuk target penjualan,
kata dia, khusus produk biskuit better tahun ini diharapkan bisa
mencapai 20.000ton. "Dengan target ini,
artinya per hari kita harus bisa menembus angka penjualan
54 ton,"kata General Manager Divisi Biscuit PT Mayora Indah Nurdin
Salim. Tahun lalu, MYOR membelanjakan Rp 500 miliar untuk meningkatkan kapasitas
proses coklat dan kopi, pembangunan pabrik dan
gudang baru termasuk pembuatan biskuit modern.
1 ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA.
Tenaga kerja PT Mayora Indah
Tbk:
Untuk
memenuhi permintaan pasar semakin meningkat, PT Mayora Indah Tbk go
publicmelalui Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1990. Sebuah langkah sukses
yang jelas dalam Terwujudnya pabrik di Tangerang, Bekasi dan Surabaya, yang
mempekerjakan 5.300 pekerja.
1 ASPEK
KEUANGAN.
KESIMPULAN
Jadi dapat di simpulkan
bahwa PT. Mayora Indah adalah perusahaan yang dapat memproduksi produk
berkualitas yang telah membuat
kelompok Mayora saat ini memiliki merk terkenal di dunia.
Mayora Group telah membuktikan dirinya sebagai
produsen produk-produk berkualitas yang mendapatkan beberapa pengakuan dan
penghargaan seperti " Top 100 Exporter Companies in Indonesia" dari majalah Swa, "Top Five Best Managed Companies in Indonesia" yang dilakukan oleh Asia Money, " Top 100 Public Listed Companies"
pada tahun 2009 dan 2010 menempati posisi pertama di sektor Makanan dan Minuman
yang dilakukan oleh Majalah Investor Indonesia, serta "Best Manufacturer of Halal Products" pada tahun 2004
oleh Majelis Ulama Indonesia.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar