Mayora Indah, Tbk.

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
FAKULTAS EKONOMI



SAMPUL TUGAS KELOMPOK

Nama Kelompok  : Managers

Nama  : Vernando Barus
No. Mhs. : 19162

Nama  : Borromeus Gilang Swastyakso
No. Mhs. : 19357

Nama  : Haren Ratudwianti
No. Mhs. : 19380

Nama  : Pisga Novlawanti Palumean
No. Mhs. : 19387

Nama  : Yanpresko Pebrianto

No. Mhs. : 19392
Nama MK  : Pengantar Bisnis
Kode MK  : MAN100

Dosen        : A. Jatmiko WIbowo, S.E., S.I.P., M.S.F.
Semester  : 1

Judul Tugas  : Mayora Indah Tbk


Tanggal Pengumpulan  : 25 Oktober 2012

Pastikan bahwa sebelum tugas dikumpulkan  tugas telah dibuat dengan mengikuti format penulisan seperti yang disyaratkan dengan memberikan tanda  √ pada kotak di bawah ini.

dibuat dengan kertas A4
2 spasi
4 cm batas kiri, 3 cm batas atas, bawah dan kanan
dijilid
tidak ada salah ketik dan ejaan serta referensi telah ditulis dengan benar
ada nomor halaman

PERNYATAAN
Kami menyatakan bahwa tugas ini secara keseluruhan adalah kami buat sendiri dan tidak menggunakan pekerjaan orang lain. Kami bersedia untuk tidak dinilai jika diketahui bahwa tugas ini tidak kami buat sendiri.

Tanda tangan
Tanggal











Daftar Isi
Profil Singkat ........................................................................ 1
Visi dan Misi ............................................................... 2
Analisa ..................................................................... 3
Aspek Organisasi .......................................................... 3
Aspek Pemasaran ......................................................... 6
Aspek Operasional  ....................................................... 11
Aspek Sumber Daya Manusia ............................................ 13
Aspek Keuangan ......................................................... 14
Kesimpulan ............................................................... 15
Daftar Pustaka ........................................................... 16
PROFIL SINGKAT
Selama beberapa dekade, Mayora Group telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan yang diakui di Industri Fast Moving Consumer Goods. Kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar dan komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas telah membuat kelompok Mayora saat ini memiliki merk terkenal di dunia, seperti Kopiko, Danisa, Astor, Energen, Torabika dan banyak lagi.
Didirikan pada tahun 1977, Mayora Group telah semakin berubah dari industri makanan ringan di rumah menjadi salah satu perusahaan terbesar Fast Moving Consumer Goods.
Mayora Group menjadi perusahaan go-public pada tahun 1990, dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, dan selama tahun-tahun berikutnya, Mayora Group terus berekspansi dengan cepat untuk menjadi perusahaan berbasis ASEAN, dengan mendirikan fasilitas produksi dan kantor pemasaran di beberapa negara Asia Tenggara.
Saat ini, produk Mayora Group dijual di banyak negara di seluruh dunia. Tidak hanya didukung oleh logistik modern dan sistem pengelolaan gudang, tetapi juga didukung oleh jaringan distribusi yang kuat, Mayora Group telah mempertahankan ketersediaan produk di pasar.
Mayora Group telah membuktikan dirinya sebagai produsen produk-produk berkualitas yang mendapatkan beberapa pengakuan dan penghargaan seperti  " Top 100 Exporter Companies in Indonesia"  dari majalah Swa, "Top Five Best Managed Companies in Indonesia"  yang dilakukan oleh Asia Money, " Top 100 Public Listed Companies" pada tahun 2009 dan 2010 menempati posisi pertama di sektor Makanan dan Minuman yang dilakukan oleh Majalah Investor Indonesia, serta "Best Manufacturer of Halal Products" pada tahun 2004 oleh Majelis Ulama Indonesia.

VISI DAN MISI
·         Untuk menjadi produsen dengan kualitas produk makanan dan minuman yang dipercaya oleh konsumen, baik di pasar domestik maupun internasional, dan mengendalikan saham yang signifikan.
·         Untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholder perusahaan.
·         Untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara di mana perusahaan beroperasi.

ANALISIS
ASPEK ORGANISASI.
Struktur Organisasi:
Nama
: Mayora Indah Tbk
Kode
: MYOR
Alamat Perusahaan
: Jl.Tomang Raya No. 21-23 Jakarta
Alamat Email
Telepon
: 565-53-11/20/22; 566 30-37, 619-14-99
Fax
: 565-5323
NPWP
: 01.146.631.5-054.000
NPKP
: -
Situs
-
Tanggal IPO
: 04-Jul-1990
Papan
: Utama
Sektor
: CONSUMER GOODS INDUSTRY
SubSektor
: FOOD AND BEVERAGES
Biro Administrasi Efek
: PT EDI INDONESIA

Manajemen Perusahaan:
Sekretaris Perusahaan
Nama
Email

Andi Laurus
Hermawan@mayora.co.id; yuni@mayora.co.id

Direktur
Nama Direktur
Jabatan Direktur
Independent
Andre Sukendra Atmadja
Direktur Utama
Bukan
Wardhana Atmadja
Direktur
Bukan
Muljono Nurlimo
Direktur
Ya
Hendarta Atmadja
Direktur
Bukan
Hendrik Polisar
Direktur
Ya

Commissioner
Commissioner's Name
Commissioner's Position
Independent
Jogi Hendra Atmadja
Komisaris Utama
Bukan
Gunawan Atmadja
Komisaris
Bukan
Ramli Setiawan
Komisaris
Ya
Hermawan Lesmana
Komisaris
Bukan
Suryanto gunawan
Komisaris
Ya

Komite Audit
Nama Komite Audit
Jabatan Komite Audit
Agustian Wijanarko
Ketua
Budiono Djuandi SE Ak
Anggota
Drs Thomas Suharsono W
Anggota

Pemegang Saham
Nama Pemegang Saham
Kategori Pemegang Saham
Jumlah
Persentase
MORGAN STANLEY AND CO INTL PLC - IPB CLIENT ACCOUN
≥ 5% - Bukan Pemegang Saham Pengendali
39.451.500,00
5,15 %
UNITA BRANINDO
≥ 5% - Pemegang Saham Pengendali
252.449.894,00
32,93 %
Masyarakat
≤ 5%
474.682.606,00
61,92 %

Akuntan Publik
Nama
Penandatanganan
Periode
Mulyamin Sensi Suryanto
Eddy Setiawan
31-Des-2006
  

Budaya Organisasi PT Mayora Indah:
PT . Mayora Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman, yang mempunyai kebudayaan organisasi seperti  lebih fokus untuk menciptakan  sumber daya manusia yang berjiwa pemimpin untuk memimpin pabrik - pabrik baru yang akan di bangun. Mayora indah juga mencetak leader ( pemimpin ) pabrik dari dalam perusahaan karena mereka tau budaya kerja Mayora. Divisi  HR Mayora juga menciptakan beberapa program pengembangan di berbagai bidang seperti teknologi serta menjaga kualitas produk.

1ASPEK PEMASARAN.
Produk:
§  BISKUIT

Mayora memiliki beberapa merk biskuit terkemuka seperti Marie Roma, Slai O’lai, Better, dan Sari Gandum. Di kategori biskuit, Mayora adalah salah satu produsen biskuit yang dihormati. Bahkan, Mayora memiliki Pabrik Biscuit terbesar di Asia Tenggara.

§  PERMEN
Divisi permen telah membuat terobosan dengan meluncurkan Permen Kopiko sebagai pelopor permen kopi dan menjadi nomor satu di dunia, sementara KIS membangun ikatan nya sendiri dengan konsumen melalui Pack Emoticon.
§  WAFER & CHOCOLATE

Divisi Wafer menyajikan inovasi baru dalam setiap produk, kami bahkan menjadi pelopor dalam segmen Wafer Gulung dengan meluncurkan Astor. Semua produk Chocolate Mayora terbuat dari cokelat nyata untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Choki-choki muncul sebagai produk unggulan yang juga merupakan pelopor dalam segmen Chocolate Pasta.

§  KOPI

Torabika merupakan salah satu produsen terbesar kopi instan di Indonesia dan Asia Tenggara. Torabika Merek terkenal dan tertanam di hati Masyarakat. Oleh karena itu, Torabika terus membuat terobosan untuk menjaga kualitas produk dan untuk tetap dekat dengan konsumen.

§  MAYORA NUTRISION
 
Sejak peluncuran pertama, Energen ditargetkan untuk menjadi pemimpin pasar dalam kategori Mix Sereal, dan Energen mencapai target dengan mengendalikan 93%  * pangsa pasar sereal campuran. 
* Berdasarkan data Nielsen Retail Audit YTD Sep 2011
§  TORABIKA CAFÉ & CORNER

 Torabika Cafe & Pojok berdedikasi untuk pecinta kopi canggih yang selalu bergerak.
Distribusi:
Negara dengan Kantor Distribusi:
a)      China                          
b)      India
c)      Philippines
d)      Thailand
e)      Malaysia
f)       Singapore
g)      Vietnam
h)      Nigeria
Ekspor dengan Dukungan Pemasaran:
a)      Myanmar
b)      Cambodia
c)      Laos
d)      East Timor
e)      Lebanon
f)       Saudi Arabia
g)      Poland
h)      Iran
i)        Japan
j)        Hongkong
k)      Papua New Guinea
l)        Latvia
m)   Estonia
n)      United Kingdom
o)      U.S.A
p)      United Arab Emirates
q)      Lithuania      


ASPEK OPERASIONAL.
Proses produksi PT Mayora Indah Tbk:
Kuat dan didukung dengan jaringan distribusi yang luas, produk PT Mayora Indah Tbk yangtersedia di seluruh Indonesia dan beberapa negara luar negeri seperti Malaysia, Thailand,Filipina, Vietnam, Singapura, Hong Kong, Arab Saudi, Australia, Afrika, Amerika dan Italia.Kopiko, umpamanya. Kopiko ada di semua supermarket di Australia. Namun hal itu bisadilakukan karena Mayora melakukan packaging di Negeri Kanguru. Ongkie mengatakan, jikadikemas langsung di Indonesia, akan sulit diterima pasar di sana. “Jadi kami kirim barangke sana dan packaging di sana. Sama seperti kami ekspor Kopiko ke Amerika Serikat. Kalaudiekspor dari Indonesia, hanya akan dipandang sebelah mata. Maka kami mengekspornyadari Thailand. Kami punya pabrik di Thailand dan kami ekspor dari sana.

Kapasitas pada PT Mayora Indah Tbk:
Pada bulan Mei 2009, PT Mayora Indah Tbk, produsen produk biskuit, tahun ini berencanamenambah kapasitas pabrik pembuatan biskuitnya hingga 50 persen.Saat ini kapasitas pabrik Mayora adalah 70.000 ton per tahun. Penambahan kapasitas pabrik ini untuk menambah produksi produk biskuit yang sudah existing. Sementara untuk target penjualan, kata dia, khusus produk biskuit better tahun ini diharapkan bisa mencapai 20.000ton. "Dengan target ini, artinya per hari kita harus bisa menembus angka penjualan 54 ton,"kata General Manager Divisi Biscuit PT Mayora Indah Nurdin Salim. Tahun lalu, MYOR membelanjakan Rp 500 miliar untuk meningkatkan kapasitas  proses coklat dan kopi, pembangunan pabrik dan gudang baru termasuk pembuatan biskuit modern.

ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA.
Tenaga kerja PT Mayora Indah Tbk:
Untuk memenuhi permintaan pasar semakin meningkat, PT Mayora Indah Tbk go publicmelalui Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1990. Sebuah langkah sukses yang jelas dalam Terwujudnya pabrik di Tangerang, Bekasi dan Surabaya, yang mempekerjakan 5.300 pekerja.

ASPEK KEUANGAN.
  KESIMPULAN
Jadi dapat di simpulkan bahwa PT. Mayora Indah adalah perusahaan yang dapat memproduksi produk berkualitas yang telah membuat kelompok Mayora saat ini memiliki merk terkenal di dunia.
Mayora Group telah membuktikan dirinya sebagai produsen produk-produk berkualitas yang mendapatkan beberapa pengakuan dan penghargaan seperti  " Top 100 Exporter Companies in Indonesia"  dari majalah Swa, "Top Five Best Managed Companies in Indonesia"  yang dilakukan oleh Asia Money, " Top 100 Public Listed Companies" pada tahun 2009 dan 2010 menempati posisi pertama di sektor Makanan dan Minuman yang dilakukan oleh Majalah Investor Indonesia, serta "Best Manufacturer of Halal Products" pada tahun 2004 oleh Majelis Ulama Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA
·         http://www.idx.co.id/
·         http://www.mayora.com/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar